Sabtu, 19 April 2014

PECATUR-PECATUR MUDA USIA PRIA YANG BERKIBAR DI KEJURPROV CATUR JATIM 2014

Proses regenerasi catur Jatim rupanya telah membuahkan hasilnya. Ini setidaknya bisa kita lihat di KEJURPROV CATUR 2014 Sidoarjo yang mana semakin banyak pecatur Yunior Jatim yang mulai nampak menuju 'kematangan'. Yang tidak pernah lepas dari ingatan kita tentu pecatur muda kebanggaan Jatim asal Kab.Probolinggo MF MOHAMAD ERVAN, YANG MERAIH 2 (dua) MEDALI PERAK di Sea Games 2014 Myanmar akhir tahun 2013 lalu. Kesuksesan Ervan ini tentu membawa angin segar bagi catur Jatim, dan kita optimis bahwa beberapa tahun ke depan, Jatim mempunyai stok pecatur berbakat yang bagus-bagus untuk bersaing di tingkat Nasional bahkan Internasional. Selama ini kita mengandalkan pecatur yang sudah berumur seperti 'SUHU' MI Ronny Gunawan (peraih emas PON 2013 Riau), MF Laksana Agusta (Kab.Sidoarjo) dan MF Khoirul Anam yang usianya lebih muda. 

Jika kita tonton permainan adik-adik kita sampai akhir babak-6 di KEJURPROV Catur 2014 Sidoarjo, yang mana pecatur YUNIOR WILD CARD (pilihan panitia) YANG DISUSUPKAN ke laga para pecatur Senior ini, rupanya, membawa gairah sukses untuk catur Jatim. Misalnya saja pecatur CILIK dari Kab.PACITAN asuhan MP RESI ADJI yang sekarang anggota PELATNAS CATUR Lapis Ke-2 CM CATUR ADI SAGITA, sangat bagus mainnya dan mampu bersaing bahkan menundukkan para seniornya. Saya lihat anak YANG PERNAH MAKAN MALAM DENGAN PRESIDEN SBY (krn prestasi catur Internasionalnya) ini memang luar biasa, rupanya ILMU CATUR dari Pelatnas mulai mematangkan permainannya. Meski masih sekolah di SD, beberapa pecatur tangguh SENIOR telah ditundukkannya. Bermain berani TAJAM dan TERBUKA, Catur Adi Sagita ini mampu menundukkan lawa tangguh seperti MP Tri Mulyo Saliandi (Kota Surabaya). Pecatur Gresik RAHMAT YULIANTARA pun pernah merasakan kerasnya pukulan anak kecil ini. Catur Adi membukukan 6 BABAK 5 POIN (hanya kalah dari pecatur handal Kota Surabaya DJONI CAHYONO).

CM CATUR ADI SAGITA (PACITAN) (kanan) menang dari MP Tri Mulyo (Kota Surabaya)

Pecatur muda lain yang layak disoroti karena potensinya yang besar adalah MUHAMAD SUPRIYADI (Kota Surabaya). Pecatur yang tajam gaya mainnya ini, prestasi caturnya semakin bagus saja. Sangat sering JUARA 1 di turnamen-turnamen catur Yunior di JATIM (termasuk peraih EMAS di Kejurprov Catur 2013 Yunior Pasuruan lalu).Supriyadi adalah POTENSI besar Catur Jatim. Saya tidak heran jika nantinya anak ini, seperti halnya CM Catur Adi Sagita, akan bisa menjadi GRANDMASTER asal Jatim di masa depan. Dengan 6 BABAK 5 POIN, Supriyadi telah mengganyang 3 master catur seperti MP H.Machfud (Kab.Malang), seniornya MN ANWAR ALI (Kota Surabaya) dan MN AGUS SUTRISNO (Kab.Lamongan). Pelatih Supriyadi adalah MP Tri Mulyo Saliandi. Kita bisa berharap banyak kepada Supriyadi di masa mendatang. Semoga.

Mohamad Supriyadi (Kota Surabaya) (kiri)
 
Pecatur yunior ganteng dari tuan Kab.Sidoarjo, SINGGIH SATRIA LESMANA bagus penampilannya di KEJURPROV CATUR 2014 SENIOR ini. Pecatur dari klub/sekolah catur Schaak (dibawah pelatih MN Hari Kurniawanto) ini juga tidak bisa dianggap ringan. Dengan mengantongi 5 poin dari 6 babak, dia bisa menyodok ke papan atas. Singgih sukses nge-mik pecatur-pecatur senior termasuk pecatur muda MN GALANG RAMBU ANARKI (Kota Surabaya). Singgih hanya kalah 1x dari MP Tri Mulyo.

Singgih Satria Lesmana (Kab.Sidoarjo) (kanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar